Ilmu Budaya Dasar (Muhammad Raihan Tahir/10520680)




Pengertian Ilmu Budaya Dasar secara umum


Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. 


Pengertian Ilmu Budaya Dasar menurut para ahli


a. Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi

Ahli sosiologi di Indonesia ini menjelaskan bahwa system ilmu kebudayaan dasar ialah hasil karya, rasa dan cipta masyarakat yang dilakukan kajian dengan sangat serius sehingga apa yang dilakukan manusia dalam  masyarakat selanjutnya dapat di ramalkan.


b. Andreas Eppink

Menurutnya, Ilmu budaya dasar adalah sekumpulan pernyataan-pernytaan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual dari kondisi masyarakat dan lingkungan yang ada di dalam kehidupannya.


Tujuan Ilmu Budaya Dasar

1. Untuk mempelajari masalah social yang timbul di masyarakat serta budaya yang berkembang yang perlu dipecahkan masalahnya

2. Menciptakan nuasna demiokrasi bagi kehidupan untuk menerima kenekaragaman

3. Melatih perbedaan pendapat serta metode ilmiah yang dilakukan dalam telaah ilmy social.

Adapun tujuan mahasiswa mempelajari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar antara lain adalah : 

1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka

2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut

3. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing. Tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup Pendidikan kita yang amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. Kedaerahan dan penkotakan disiplin yang ketat.

4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademsi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama. Para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.


Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar


Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), Baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin), didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar terdiri dari:

Manusia dan cinta kasih

   Manusia dan keindahan

   Manusia dan penderitaan

   Manusia dan keadilan

   Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian

   Manusia dan kegelisahan

   Manusia dan harapan.


Link Gunadarma :

https://gunadarma.ac.id

https://studentsite.gunadarma.ac.id

https://baak.gunadarma.ac.id

https://http://library.gunadarma.ac.id

https://http://seminar.gunadarma.ac.id





Komentar